logo pengadilan pamekasan

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Pamekasan Kelas 1B

Jl. P. Trunojoyo No. 397 Pamekasan 69371 | Telp/Fax: 0324-322431 | Email: pnpamekasan@yahoo.co.id

Delegasi PN Pamekasan

Sistem Informasi Penelusuran Perkara PN Pamekasan

Halal Bi Halal 1440 H PN Pamekasan

Jum’at, 21 Juni 2019 Telah diadakan acara Halal Bi Halal keluarga besar Pengadilan Negeri Pamekasan Tahun 1440 H. Acara dipandu MC Miftakhul Jannah diawali dengan pembukaan, pembacaan Kalam Ilahi, sambutan dari KPN Pamekasan Bapak Lingga Setiawan, SH.,MH dan dilanjutkan dengan tausyiah halal BI halal yang di sampaikan KH. Darussalam.

Dalam tausyiahnya KH. Darussalam menyambut baik acara siraman rohani dan halal BI halal yang mempererat tali silaturahmi dan memperkuat keimanan warga PN. Pamekasan.

Halal BI halal adalah tradisi muslim Indonesia yang baik karena akan mempererat tali silaturahmi. Hasil dari penggemblengan Ramadhan adalah disiplin diri dan peningkatan iman taqwa kepada Allah Ta’ala. Oleh sebab itu setelah Ramadhan maka akan bertemu dengan Syawal yang berarti meningkat.

Diharapkan setelah Ramadhan, ketaatan terhadap perintah Allah Ta’ala dan ketaqwaan iman menjadi semakin meningkat. Hikmah Ramadhan dapat di lihat dari Rasullullah Muhammad SAW. Rasullullah adalah orang yg paling sehat. 5 hal yang membuat rasul sehat yaitu Rasulullah selalu menjaga kebersihan lahir dan rohani, Rasulullah selalu bangun sebelum terbit fajar, Rasulullah pandai mengatur waktu makan : makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, Rasulullah selalu optimis dan penuh harapan, serta yang terakhir Rasulullah tidak pemarah.

Bagi yang berhasil melaksanakan puasa Ramadhan akan mendapatkan Rohmatun, maghfiratun dan pembebasan dari api neraka. Mereka yang berhasil menjalani ibadah Ramadhan akan kembali menjadi lebih baik dan berhak mendapat ucapan Minal Aidzin Wal Faizin. Setelah puasa akan kembali seperti bayi asalkan puasanya ikhlas dan mengharap Ridho Allah Ta’ala.

Halal Bi Halal di laksanakan agar saling memaafkan dan menghilangkan perasaan tidak baik antar sesama. Dengan begitu akan terjadi harmonisasi kehidupan antar sesama dan persatuan umat. Sukses Rasulullah dalam membina umat karena dakwah dengan akhlak karimah : dalam diri Rasulullah terdapat sifat pemimpin yaitu Siddiq, Amanah, Tabliigh dan Fatonah, Rasulullah didukung kekompakan para sahabat.
Acara di tutup dengan doa dan bersalaman antar pejabat dan hakim di lingkungan Pengadilan Negeri Pamekasan.







Selamat datang di website resmi PENGADILAN NEGERI PAMEKASAN -